Apple Bukan Lagi Merek Paling Mahal di Dunia

KOMPAS.com - Berdasar pada survei yang dilakukan oleh firma peneliti pemasaran, Millward Brown, Google pada tahun 2014 berhasil mengalahkan dominasi Apple sebagai merek yang paling bernilai (Most Valuable Brand).

Apple sebelumnya memegang gelar tersebut selama tiga tahun berturut-turut, dari tahun 2011 hingga 2013. Studi yang dilakukan oleh Millward Brown adalah dengan mengkalkulasi nilai sebuah merek kemudian membuat peringkatnya.

Nilai dari merek Google sendiri ditaksir Millward Brown mencapai 158,8 juta dollar AS. Angka tersebut meningkat 40 persen dibanding tahun sebelumnya.
Sementara Apple, nilai brand-nya turun 20 persen dari tahun lalu hingga menjadi 147,8 juta dollar AS.

Penurunan valuasi merek tersebut menurut Millward Brown disebabkan karena persepsi publik yang menganggap Apple terlena atas dominasinya dan tidak menunjukkan inovasi yang berarti.

Di sisi lain, Google dinilai gencar membuat inovasi produk yang nonkonvensional, walau sebagian di antaranya belum dirilis ke pasar.

"Google telah melakukan banyak inovasi tahun lalu dengan membuat Google Glass, berinvestasi di teknologi artificial intelligence dan berinovasi dengan membawa sistem operasi Android ke dalam kabin mobil," demikian terang Nick Cooper, eksekutif Milward Brown, seperti dikutip dari The Verge (21/5/2014).

"Semua yang dilakukan Google tadi memberikan sinyal yang kuat kepada konsumen tentang apa yang akan mereka lakukan ke depannya, sementara kinerja Apple dilihat makin menurun," imbuh Cooper.

Related Posts:

0 Response to "Apple Bukan Lagi Merek Paling Mahal di Dunia"

Post a Comment