Dokter Syaraf: Siri Bisa Disuruh Bobol iPhone

KOMPAS.com - Lagi-lagi sebuah celah keamanan ditemukan di produk Apple. Kali ini melibatkan personal assistant Siri yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk menembus lock screen di perangkat iOS 7.1.1.

Hal tersebut ditemukan oleh Shefif Hashim, seorang dokter syaraf merangkap hacker "topi putih" (peretas yang bekerja untuk keperluan tes keamanan) paruh waktu. Minggu ini, dia mempublikasikan video YouTube berisi penjabaran penemuannya itu.

Dalam video yang dilansir oleh The Inquirer tersebut, untuk menunjukkan bahwa sebuah iPhone 5S berbasis iOS 7.1.1 dalam keadaan terkunci,  Hashim terlihat mencoba membuka lockscreen dengan pemindai sidik jari dan gagal.

Kemudian da mengaktifkan Siri dan mencoba mengakses daftar kontak dengan mengatakan "Contacts", namun Siri menolak dan mengatakan bahwa dia harus "membuka kunci ponsel terlebih dahulu".

Ternyata, sebagaimana ditunjukkan oleh Hashim, "penolakan" Siri itu bisa disiasati dengan sangat mudah. Cukup dengan mengubah kata-kata saja. Kali ini Hashim mencoba mengakses daftar kontak dengan berkata "call" (panggil).

Siri menjawab, "Dengan siapa Anda ingin berbicara?". Setelah itu Hashim pun bisa menjelajah daftar kontak yang ada di ponsel dengan leluasa. Dia mengatakan, orang-orang dalam daftar kontak ini bisa ditelepon maupun dikirimi pesan.

"Saya pikir proteksi pada iOS 7.1.1 akan mencegah sembarang orang  mengakses daftar kontak dan memanggil siapapun yang dia mau selagi ponsel terkunci. Namun sepertinya Apple berpikir lain," tulis Hashim dalam permulaan video.

Related Posts:

0 Response to "Dokter Syaraf: Siri Bisa Disuruh Bobol iPhone"

Post a Comment