Mengintip Museum Inovasi Samsung, Ada Komputer Apple

KOMPAS.com - Perusahaan elektronik Korea, Samsung genap berusia 45 tahun di bulan April ini. Untuk memperingatinya, Samsung membuka museum khusus yang memajang berbagai perangkat elektronik buatan Samsung, di kota Suwon, Korea Selatan.
Samsung memberi nama museumnya "Samsung Innovation Museum." Menurut CEO Samsung, Kwon Oh-hyun, museum tersebut dijadikan sebagai tempat memamerkan beberapa produk elektronik bersejarah yang dibuat Samsung, serta inovasi-inovasi di industri elektronik.
"Temuan-temuan tersebut memberikan dasar bagi beragam inovasi teknologi sehingga kami bisa membuat produk-produk elektronik yang bisa membantu meningkatkan kualitas hidup," ujar Kwon Oh-hyun.
"Pengunjung juga bisa megetahui sejarah Samsung dan melihat visi masa depan," imbuhnya, seperti dikutip The Verge, Senin (21/4/2014).
Samsung Innovation Museum menempati bangunan lima lantai yang memajang sekitar 150 produk dan penemuan Samsung, serta produk-produk inovasi lain yang dibuat oleh individu atau perusahaan selain Samsung.

Sejarah inovasi ponsel juga dipamerkan di Samsung Innovation Museum
Walau demikian, Anda tidak akan menjumpai iPhone buatan Apple atau televisi Sony Trinitron, walau keduanya memberi andil terhadap kemajuan dan profit Samsung. Televisi buatan perusahaan Korea lainnya, LG juga tidak dipajang di museum ini.

Yang menarik, ada produk Apple yang dipajang di museum ini. Komputer tersebut adalah Apple II yang disebut Samsung sebagai komputer rumahan pertama.


Komputer besutan Apple, Apple II juga ditampilkan di museum inovasi Samsung.
Samsung membagi-bagi ruangan berdasar kategori waktu tahapan inovasi, seperti era penemu (Age of Inventors), era inovasi industri (Age of Industry Innovation), dan era kreasi (Age of Creation).
Di bagian Age of Inventors, Samsung memberikan pelajaran sejarah dengan memamerkan benda-benda elektronik yang diciptakan oleh Thomas Edison, Graham Bell, serta Michael Farady. Samsung juga menjabarkan sejarah perusahaan AT&T, Siemens, Philips, GE, dan NEC.
Di bagian Age of Innovation, Samsung memajang produk-produk display-nya dengan beberapa produk kompetitor. Inovasi dan perkembangan di dunia semikonduktor, layar, dan industri mobile juga diterangkan di sini.
Sementara di bagian Age of Creation, Samsung fokus kepada solusi-solusi B2B, seperti konsep Samsung Smart Home yang beberapa waktu lalu baru diluncurkan Samsung.
Untuk menampilkan informasi secara lebih menarik, Samsung menggunakan layar transparan interaktif buatannya sehingga menarik banyak orang untuk mencoba berinteraksi. Terdapat juga ruangan teater 180 derajat dengan layar resolusi 4K yang memutar film dokumenter tentang inovasi Samsung di masa depan.
Walau terkesan menarik, namun museum Samsung ini dikritik karena kurang lengkap dalam menginformasikan momen-momen inovatif sepanjang sejarah. Kritikus juga mengatakan bahwa Samsung berupaya menyatukan museum dan showroom dengan proyek ini.

Berikut beberapa produk yang dipajang di museum Samsung tersebut:
The Verge
Jam tangan Watch Phone yang dirilis Samsung pada tahun 1999.



Samsung Galaxy S II yang sukses terjual hingga 40 juta unit dipajang di museum inovasi Samsung.

Econo, televisi hitam-putih Samsung yang dirilis pada tahun 1975.

Museum inovasi Samsung memajang replika telepon pertama yang dirancang oleh Alexander Graham Bell pada 1875.
Editor: Reza Wahyudi

Related Posts:

0 Response to "Mengintip Museum Inovasi Samsung, Ada Komputer Apple"

Post a Comment